Belajar dari Rumah selama pandemi Covid-19? Mengapa tidak : )
Senin, 23 Maret 2020

Belajar dari Rumah selama pandemic Covid-19? Mengapa tidak J

 

Meningkatnya kasus penyebaran Covid-19 di indonesia membuat pemerintah memutuskan untuk melakukan tindak pencegahan penyebaran dengan memberlakukan kebijakan untuk beraktivitas produktif dari rumah. Hal ini membuat institusi pendidikan memberlakukan pembelajaran jarak jauh, termasuk di kampus kami Universitas Tarumangara.

Agar proses pembelajaran dari rumah tidak terganggu, berikut ini terdapat beberapa tips yang membuat pembelajaran dari rumah menjadi efektif. Menurut artikel dari website Oxford Learning, ada 8 cara untuk membuat kita belajar secara efektif dari rumah. 8 cara itu adalah:

 

1. Cobalah aktif dalam belajar

aktif dalam belajar yang dimaksud adalah hal-hal yang biasa kita lakukan seperti pada proses pembelajaran secara langsung seperti menanyakan beberapa pertanyaan sebelum pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan sesudah pembelajaran. Hal ini membuat kamu tetap terarah dalam pembelajaran.

 

2. Tidur yang cukup

Walaupun kita tidak harus datang ke kampus, kita tetap harus mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sebab, tidur yang cukup membuat otak kita segar dan siap untuk mencerna semua informasi pembelajaran. tidur yang cukup juga dapat membuat kamu selalu siap dan meningkatkan ingatan.

 

3. Belajar di saat yang tepat

Setiap orang mempunyai waktu produktif yang berbeda-beda. Ada yang dapat belajar dengan efektif di malam hari dan ada juga yang merasa efektif belajar di pagi hari. Manfaatkan waktu produktif kamu sebaik mungkin dan jangan paksakan dirimu untuk belajar pada saat fungsi kerja otak kamu tidak maksimal.

 

4. Rancanglah area belajarmu

DImanapun kamu membuat area belajarmu, tak peduli kamu di dapur ataupun di meja belajar kamu. Buatlah rancangan area belajarmu dengan baik. Namun, pastikan area belajarmu tidak di kasur mu ( Karena akan mudah bagimu untuk ketiduran!). Usahakan area belajar mu tetap bersih dan tertata rapi sehingga kamu tidak menghabiskan banyak waktu pada hal yang tidak terlalu penting ( seperti mencari pulpen yang hilang )

 

5. Makan dengan tepat

Maksudnya adalah jangan lupa makan ya teman-teman. Karena tubuh dan otak mu membutuhkan asupan makanan agar tetap pada kondisi yang prima. Ditambah nantinya kamu akan kesusahan untuk fokus ketika perutmu kelaparan. kamu juga boleh mempersiapkan cemilan yang sehat sebelum memulai pembelajaran agar kamu tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengambil cemilan dan mengalihkan fokus pada pembelajaran kamu.

 

 

 

 

 

 

6. Selesaikan tugas sebelum memulai pembelajaran

Selesaikanlah dahulu tugas-tugas mu sebelum memulai pembelajaran agar tidak menggangu proses belajarmu. menyelesaikan tugas mu membuat mu lebih tenang dalam belajar dan lebih fokus daripada kamu harus ketakutan jika tugas kamu tidak selesai tepat waktu. Aturlah waktu kamu sebaik-baiknya agar tugas kamu tidak menggangu proses pembelajaranmu!

 

7. Buatlah tabel waktu

membuat tabel waktu membantu kamu dalam mengatur waktu, jadwal istirahat, dan akan sangat berguna ketika kamu mempunyai beberapa mata pelajaran/kuliah untuk dipelajari. membuat tabel waktu membuat mu dapat memperkirakan berapa lama waktu yang cocok untuk kamu belajar dan kapan waktunya kamu beristrihat.

 

8. Gunakan Timer

Timer akan membantumu agar kamu sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat sebelumnya, kamu akan fokus belajar sampai waktu yang kamu jadwalkan selesai. Juga, akan membuat waktu istirahat mu efektif (tidak beristirahat secara berlebihan). (R & K)

 

sumber: https://www.oxfordlearning.com/tips-for-studying-at-home/

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018