Yang perlu dijaga selama Work from Home = WFH (beraktivitas dari rumah)
Rabu, 01 April 2020

Yang Perlu Dijaga Selama Work From Home = Wfh (Beraktivitas Dari Rumah)

Selama masa pandemic Covid-19, himbauan agar tetap berada di rumah diingatkan berkali-kali dengan tujuan agar menahan laju penyebaran dari virus tersebut. Beraktivitas dari rumah menjadi pilihan utama, oleh karenanya menjaga kesehatan fisik maupun psikis sangat diperlukan. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan selama beraktivitas dari rumah ini?

1. Senantiasa berdoa syukur dan berpengharapan.

Adanya hubungan antara berdoa dengan penyembuhan telah banyak dikaji selama ribuan tahun sekalipun ada juga yang menyangsikannya. Dapat dilihat bahwa banyak orang berdoa untuk kesehatan yang baik dan bantuan dari penyakit. Doa dapat menghasilkan kesehatan dan penyembuhan melalui satu atau lebih dari beberapa mekanisme. Oleh karenanya, berdoa syukur dan berpengharapan selama WFH ini perlu dilakukan dengan rutin.

2. Olah raga di rumah, senam, yoga, dan lainnya

Kalau yang ini, jelas semua orang akan setuju bahwa dengan berolah raga rutin maka tubuh akan sehat. Olah raga selama di rumah saja bisa bermacam-macam bentuknya, dari senam, yoga, pilates, tennis meja, skipping, dan lain-lain. Yang pasti, dengan berolah raga apalagi dengan pengaturan nafas yang baik maka oksigen akan masuk dan menyegarkan tubuh. Rutin setiap pagi untuk 30 menit-1 jam bisa dilakukan.

3. Bersih-bersih rumah, mengelap, menyapu, mengepel.

Perlu sekali menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita apalagi dengan adanya pandemic virus ini. Rutin membersihkan secara mandiri juga ada keuntungan lain, yaitu gerak badan juga. Nah, jadi ada banyak keuntungan dari kegiatan bersih-bersih ini kan.

4. Mandi 2x/hari.

Mandi yang bersih. Bersih rumahnya tentu bersih juga orangnya kan. Dengan kita mandi, menggunakan sabun, maka kotoran yang menempel seperti keringat dan debu akan lepas dan badan menjadi segar. Badan yang segar dan bersih akan memberikan semangat untuk beraktivtas serta membuat pikiran menjadi lebih positif.

5. Makan dengan teratur, Tepat 3J (jenis, jumlah, jam).

Soal makan, perlu dijaga selama WFH loh, karena seringkali karena berada hanya di rumah saja maka makan camilan menjadi meningkat. Banyak makan dan kurang gerak dampaknya tentu membuat berat badan meningkat dan tidak sehat. Untuk diet yang baik dalam makan perlu ada keteraturan yakni Tepat 3J, yaitu tepat jenisnya, tepat jumlahnya, dan tepat jam makannya.

6. Kerjakan tugas sekolah/kantor.

Dengan tetap mengerjakan tugas sekolah atau kantor, maka pikiran tetap terasah. Bahkan selama mengerjakan aktivitas sekolah atau kantor ini perlu dengan menggunakan pakaian yang rapih, bukan baju tidur yaa. Berpakaian memiliki kaitan dengan emosi dan semangat, maka pilihlah pakaian yang nyaman digunakan namun tetap membuat semangat bekerja.

6. Tetap berinteraksi dengan anggota keluarga atau chit chat menggunakan video call.

Dengan pembatasan aktivitas di luar rumah, maka kunjungan ke rumah saudara-saudara atau teman dekat dibatasi. Namun, sebagai makhluk sosial, manusia tentu memiliki dorongan untuk tetap berinteraksi sosial. Bersyukurnya, dengan teknologi yang sudah maju di zaman ini, maka interaksi sosial tetap dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi media online ya, seperti video call melalui smartphone, atau bahkan video conference dengan mengundang banyak orang dalam grup percakapan.

7. Pantau berita secukupnya.

Untuk mengaktifkan kognitif dengan informasi-informasi, maka perlu memantau berita. Pemantauan berita secukupnya, artinya dua atau tiga kali melihat berita yang sama sudah cukup untuk membuat kita memahami isi dari berita tersebut. Perlu dibatasi membaca atau melihat dan mendengar berita yang itu-itu saja karena hanya akan menimbulkan reaksi emosi yang berbeda. Jadi, setiap hari dapat memantau berita secukupnya saja ya.

8. Baca aktikel, nonton tv, chit chat media sosial.

Kegiatan ini perlu sekali untuk membuat kita selalu up-to-date dengan keadaan di sekitar kita. Membaca artikel riset mengenai keadaan global di dunia akan membuka wawasan. Nonton televisi mengikuti berita atau menonton film untuk tujuan rekreasi juga akan membantu dalam mengisi waktu secara produktif selama WFH. Chit chat dengan teman-teman juga merupakan keuntungan dalam membuka wawasan.

9. Kerjakan hobby, menjahit, melukis, prakarya, handy craft, menyanyi, menari, dll

Perlu sekali mengerjakan hobby, suatu kegiatan yang dilakukan di waktu luang dengan adanya perasaan senang saat mengerjakannya. Tentu adrenalin akan tergugah sehingga menjadi lebih bersemangat saat kita megerjakan sesuatu yang menyenangkan.  Bahkan ada banyak riset yang menjelaskan saat seseorang bernyanyi maka rongga pernapasan menjadi terbuka dan tentunya oksigen yang masuk ke tubuh akan bermanfaat untuk kesehatan juga. Ayo kita bernyanyi.

Dari Sembilan kegiatan penting yang perlu dilakukan selama WFH ini, maka kesehatan fisik dan psikis kita akan terjaga. Ayo semangat. Dengan semangat, ceria, imun tubuh terus bertambah. (NS)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018