PSYHEROES 2022: Be Better Than You Were Yesterday
Jumat, 25 Februari 2022

Pada tahun 2022 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara (F. Psi UNTAR) mengadakan salah satu program kerjanya yaitu Psyheroes. BEM F. Psi UNTAR mengadakan Psyheroes secara online dan offline di tanggal 25-27 Februari 2022. Psyheroes secara online bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para siswa/i SMA Sederajat dan mahasiswa dalam bentuk Peer Discussion Group (PDG) yang mengangkat tema Self Awarness: Be Better Than You Were Yesderday. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk menyediakan wadah bagi para remaja khususnya pelajar Sekolah Menengah Atas agar dapat menyadari passion, keinginan, jati diri, dan mimpi mereka, serta cara untuk mencapainya. Sesi PDG ini dilaksanakan selama dua hari secara daring melalui platform Zoom ada tanggal 25-26 Februari 2022.

PDG yang diselanggarakan terdiri dari 3 sesi, pada tanggal 25 Februari 2022 Psyheroes memiliki 1 sesi dimulai pada pukul 14.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Dihadiri oleh perwakilan fakultas yaitu Dekan Fakultas Psikologi UNTAR, Ibu Rostiana, M. Si., Psikolog, pemateri self awareness yaitu Ibu Agustina, M. Si., Psikolog, Ketua Pelaksana Psyheroes yaitu Khanza Shafira, Ketua BEM F. Psi UNTAR Robby Gustiawan, Wakil Ketua DPM F. Psi UNTAR Nawangwulan Intan, 31 panitia, 20 volunteer yang berasal dari Fakultas Psikologi UNTAR, 89 peserta dari SMA 1 Jakarta, 30 peserta dari Mahasiswa UNTAR.
Pada tanggal 26 Februari 2022, pada 2 sesi dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Pada sesi 2, dihadiri oleh Kak Debora Basaria, M. Si., Psikolog sebagai pemateri self awareness, 46 peserta dari SMA Fransiskus Jakarta dan 45 Mahasiswa UNTAR. Sesi 3 dimulai pada pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB yang dihadiri oleh Ibu Denrich Suryadi, M. Si., Psikolog dan 59 peserta SMA Yadika 10 Tangerang.

Dalam Psyheroes 2022 dilakukan beberapa kegiatan yaitu pemberian materi oleh Psikolog dengan tema Self Awareness kepada peserta, kemudian dilakukan sesi mentoring bersama volunteer yang dimana peserta dibagi menjadi 20 kelompok dan masuk ke dalam break out room yang akan dipimpin oleh volunteer. Di dalam break out room, dilakukan sharing terkait self awareness oleh volunteer dan bermain beberapa permainan yang mengasah self awareness para peserta. Secara keseluruhan, acara PDG Psyheroes ini berjalan dengan baik dan para peserta maupun volunteer mendapatkan pengetahuan yang baru.

Selain itu, Psyheroes juga memiliki kegiatan yang dilaksanakan secara offline disebut Zero Hunger yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2022. Panitia mengadakan open donation melalui platform Dompet Dhuafa dan akun bank panitia lalu setelah terkumpulnya donasi, 9 perwakilan BEM F. Psi UNTAR membagikan donasi berupa makanan dengan target rakyat kecil yang terkena dampak selama masa pandemi. Bantuan yang disalurkan yaitu sebanyak 145-150 box makanan di sekitar area Jalan Tanjung Duren Utara 1 Jakarta Barat dan Jalan Inspeksi Kali Grogol Jakarta Barat.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018