Visi dan Misi

VISI

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi psikologi yang berkualitas dalam pengajaran, pengembangan dan penerapan ilmu psikologi di Asia Tenggara, berlandaskan nilai-nilai  Entrepreneurship, Professionalism,  Integrity, Caring Community (EPIC)”
 

MISI

1. Menyelenggarakan proses pendidikan psikologi mencakup tingkat sarjana dan magister, berlandaskan nilai-nilai  EPIC dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan beretika.
2. Mengembangkan psikologi melalui penelitian/kajian ilmiah yang berlandaskan nilai-nilai EPIC serta mempublikasikannya secara nasional dan internasional.  
3. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui penerapan konsep-konsep Psikologi Positif yang pelaksanaannya melibatkan sivitas akademika secara berkesinambungan. 
4. Menjalin jejaring kerja dan menyelenggarakan kolaborasi dengan  institusi baik pemerintah maupun swasta, dalam dan luar negeri untuk menunjang pengembangan fakultas. 

 

NILAI INTI FAKULTAS PSIKOLOFI - UNTAR : Entrepreneurship; Professional; Integrity; Caring Community (EPIC)

 

ENTREPRENEURSHIP

Kemampuan & kesediaan untuk menghasilkan karya atau temuan-temuan yang dilandasi oleh pola berpikir kreatif & inovatif, bertujuan mengembangkan dan menerapkan ilmu psikologi yang membawa manfaat bagi masyarakat

PERILAKU UTAMA :

  1. Memiliki otonomi (kebebasan) dalam memilih dan menentukan keputusan dan mampu bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil.
  2. Kreatif dan inovatif, termotivasi menciptakan sesuatu yg baru atau memanfaatkan peluang yang tersedia untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang
  3. Menyukai tantangan dan mau mencoba hal-hal baru yang positif
  4. Self directed, bersedia menanggung kegagalan, menerima kritikan, mengakui kesalahan.
  5. Resilience. Mampu bangkit kembali dari berbagai kegagalan/keterpurukan.
  6. Dapat bertoleransi terhadap ketidakpastian karena bersedia mempelajari situasi/kondisi yang dihadapi sehingga memperoleh hikmah (lesson learn ) yang bermanfaat.
  7. Memiliki keterikatan kerja (work engagement) yang tinggi sehingga mampu menghadapi tantangan dengan mempertimbangkan resiko yang terukur
 

PROFESSIONAL

Professionalisme adalah komitmen untuk senantiasa melakukan tugas secara kompeten dengan memperlihatkan sikap kerja yang positif seperti ; disiplin, bertanggung jawab, berinisiatif, menjalin kerja sama, dan memberikan pelayanan prima bagi semua pihak yang membutuhkan tanpa melakukan diskriminasi sehingga dapat memberikan hasil kerja yang optimal.

PERILAKU UTAMA

  1. Menguasai kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjalani suatu pek.
  2. Melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh, tidak menunda tugas &   bersedia melakukan tugas melebihi tuntutan tugas yang diberikan
  3. Memiliki komitmen terhadap pekerjaan dan terhadap organisasi/fakultas
  4. Secara aktif membentuk jejaring kerja dan memanfaatkan jejaring tersebut untuk menjalankan tugas secara lebih baik
 

INTEGRITY

Kesediaan untuk senantiasa bertindak konsisten sesuai dengan peraturan/kebijakan/kode etik. Integrity juga mencerminkan adanya pemahaman dan kesediaan untuk bertindak konsisten sesuai dengan ucapan atau janji dan nilai moral walaupun sulit untuk melakukannya.

PERILAKU UTAMA

  1. Bersikap dan bertindak jujur, tidak mau menerima atau memberi suap.
  2. Walk the talk
  3. Menaati peraturan walaupun tidak ada yang mengawasi
  4. Tidak melakukan plagiarism, tidak menyontek, tidak mengakui hak/properti/karya orang lain sebagai karya diri sendiri.
  5. Bersedia menegur rekan/saudara/sahabat yang melakukan tindakan pelanggaran.
  6. Dapat menjadikan dirinya sebagai contoh/ teladan untuk bertindak secara konsisten menerapkan integrity
 

CARING COMMUNITY

Memberikan perhatian yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang bersifat terapan psikologis dan membantu memberdayakan masyarakat melalui berbagai aktivitas yang dapat memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan psikologis mereka.

  1. Memperlihatkan perhatian yang besar terhadap hal-hal yg terjadi di sekitar.
  2. Peduli terhadap kondisi keluarga, teman, masyarakat
  3. Memberikan bantuan segera ketika dibutuhkan (tidak mencari alasan untuk menghindar )
  4. Memberikan dukungan terhadap usaha-usaha untuk memajukan kesejahteraan masyarakat
  5. Bersedia bekerja tanpa pamrih dalam membantu mengatasi kesulitan, masalah, bencana yang terjadi di masyarakat
  6. Menciptakan aktivitas sosial yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar untuk membantu peningkatan kesejahteraan mereka.