Sejarah

Sejarah dan Perkembangan Fakultas Psikologi UNTAR

 

Mengenal Fakultas Psikologi

Universitas Tarumanagara

 

Fakultas Psikologi adalah fakultas kelima yang dimiliki Universitas Tarumanagara yang didirikan pada tahun 1994, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 048/D/O/1994. Tahun 2005 dalam pengajuan akreditasi ulang kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

 

Masa Prafakultas

                Program Studi Psikologi telah dirintis sejak tahun 1981. Ilmu Psikologi mulai digunakan pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, dan Fakultas Kedokteran dalam bentuk mata kuliah Pengantar Psikologi. Pada tahun yang sama didirikan pula Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi yang dikelola langsung oleh Yayasan Tarumanagara.

                Pendirian Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara diprakarsai oleh Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa, dibantu oleh Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH., Dr. Seto Mulyadi, dr. Tom Suryadi, MPH, Ir. Jap Tji Beng, MMSI, Ph.D., dan Dr. Erry Dewayanti, MMSI. Setelah melalui serangkaian studi banding ke berbagai universitas swasta di Indonesia, akhirnya pada tanggal 7 Juli 1994 Fakultas Psikologi resmi menjadi bagian Universitas Tarumanagara dan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 048/D/O/1994.

 

Masa Fakultas: Periode 1994/1995—sekarang