Laboratorium

Laboratorium Audiovisual

Secara umum, beberapa kegunaan laboratorium ini adalah sebagai berikut:

  1. Menampilkan berbagai informasi psikologis lewat audio-visual sebagai bahan studi, seperti: proses konseling, perilaku sosial kemasyarakatan, proses pengambilan data psikologis, atau evaluasi kinerja mahasiswa pada suatu tugas mata kuliah tertentu.
  2. Mempresentasikan materi perkuliahan atau bahan-bahan lain yang relevan.

 

Laboratorium Konseling dan Observasi

                Untuk melengkapi kebutuhan laboratorium di lingkungan Fakultas Psikologi, sekaligus untuk memperluas ruang praktikum bagi mahasiswa program profesi, maka pada akhir semester ganjil 1999/2000 telah dilaksanakan pembangunan Laboratorium Konseling bertempat di Gedung L lantai 2, ruang 211. Pembangunan fisik laboratorium telah selesai dilakukan pada bulan Maret 2000 dan sudah digunakan untuk praktikum mata kuliah Psikodiagnostika.

 

Laboratorium Konseling Psikologi

Untuk melengkapi kebutuhan laboratorium di lingkungan Fakultas Psikologi, sekaligus untuk memperluas ruang praktek bagi mahasiswa program profesi, maka pada akhir tahun 2013 telah dibuat laboratorium Konseling Psikologi di gedung R lantai 3.

 

Laboratorium Art Therapy

Bertempat di Blok R lantai 2, laboratorium ini diisi dengan beberapa perangkat alat lukis dan peralatan keterampilan tangan lainnya. Di dalam laboratorium ini mata kuliah terapi seni dengan pengampu Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH., Psikolog sebagai pakar di bidangnya. Saat ini Laboratorium Kreativitas baru dimanfaatkan oleh mahasiswa program S2 Profesi Klinis Dewasa dan Klinis Anak dalam Mata kuliah Terapi Seni. Akan tetapi, di dalam waktu mendatang, mata kuliah lain pun dapat memanfaatkan sarana ini.

 

Laboratorium Bermain Anak

Laboratorium Anak dibangun pada tahun 2005 dan bertempat di Blok R lantai 2. Laboratorium ini dirancang sedemikian rupa, sehingga mirip dengan ruang bermain anak. Hal ini dimaksudkan agar anak yang diobservasi dapat memperoleh treatment di Laboratorium dengan rasa nyaman dan kegembiraan tersendiri. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai permainan edukatif, perlengkapan menggambar dan menulis, serta permainan untuk melatih keterampilan motorik. Laboratorium ini juga dapat dimanfaatkan sebagai Laboratorium Tari dan Drama oleh mahasiswa Fakultas Psikologi.