Sarana

Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP)

Selama tahun 1983 hingga Mei 1995, PBKP yang dikoordinatori oleh Dr. Seto Mulyadi, Psi. sempat berganti nama menjadi LBKP (Lembaga Bimbingan dan Konsultas Psikologi) dan UPT-UBKP (Unit Pelaksana Teknis Unit Bimbingan dan Konsultasi Psikologi).

                Sejak bulan Mei 1995, PBKP secara resmi berada di bawah naungan Fakultas PSikologi Universitas Tarumanagara dan dipimpin oleh Dra. Yulia S. Singgih. Klien PBKP tidak hanya terbatas dalam lingkup Universitas dan Yayasan Tarumanagara, yang terdiri atas para mahasiswa, dosen, maupun karyawan yang membutuhkan bantuan. Sejumlah perusahaan juga telah menjadi klien PBKP selama ini. Selain itu, anggota masyarakat yang membutuhkan layanan tes inteligensi, tes bakat dan minat, tes kepribadian, konsultasi, konseling, maupun terapi psikologis secara individual pun dapat mengunjungi PBKP untuk memenuhi kebutuhannya.

                Sejak bulan Februari 1998, PBKP kembali berada di bawah naungan Universitas Tarumanagara dan berfungsi seperti semula, yaitu sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT). PBKP dilayani oleh para psikolog yang juga mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.

                Seluruh civitas akademika Universitas Tarumanagara ditambah karyawan dan keluarganya, serta anggota masyarakat pada umumnya dapat menjadi klien PBKP, dengan persyaratan:

  1. Mendaftar ke sekretariat PBKP, melalui telepon (021) 567-1747 pesawat 402, untuk menjadwalkan waktu pertemuan dengan psikolog yang ada.
  2. Mendatangi PBKP pada waktu yang telah disepakati.
  3. Menemui psikolog yang dijanjikan untuk keperluannya.
  4. Membayar biaya administrasi yang telah ditentukan. Khusus untuk mahasiswa, pengajar, dan karyawan di lingkungan Universitas dan Yayasan Tarumanagara, diberikan tarif khusus.

 

Perpustakaan Fakultas Psikologi

                Perpustakaan Fakultas Psikologi telah dirintis sejak awal pendirian Fakultas, tetapi baru berhasil direalisasikan pada tahun 1996. Semula perpustakaan Fakultas Psikologi menempati Gedung K Lantai 2, Ruang 207, dengan areal seluas 150,50 m2. Sejalan dengan makin bertambahnya pengguna perpustakaan, sejak tahun ajaran 2000/2001 perpustakaan Fakultas dipindahkan ke Ruang 201, 203, dan 205 di gedung dan lantai yang sama. Perpustakaan yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan, katalog buku dengan sistem komputerisasi dan ragam jurnal psikologi terkini yang selalu diperbaruhi secara berkala. Saat ini, ruang perpustakaan telah diperluas dan menempati areal seluas 275 m2. Sampai pada semester ganjil 2014/2015, koleksi perpustakaan terdiri atas ribuan judul buku, dan majalah, dengan rincian seperti tertera dalam tabel:

 

 

 

 

 

Tabel 2

Jumlah buku, majalah ilmiah, majalah non ilmiah, jurnal dan VCD

NO JENIS JUDUL EKSEMPLAR
1 Buku    4322       6.902
2 Majalah Ilmiah        23          486
3 Majalah non Ilmiah      185       1.319
4 Jurnal sumbangan bahasa Indonesia        57            73
5 VCD Film (Asal: pembelian Fakultas)        81            81
6 VCD Film (Asal : sumbangan mahasiswa)      150          176

 

Jenis Layanan

Layanan Sirkulasi yaitu layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan berupa pelayanan peminjaman, pengembalian, perpanjangan buku serta pemesanan buku untuk dipinjam.

Layanan Referensi yaitu layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan untuk membantu penelusuran informasi yang dibutuhkan pengguna serta memberikan bimbingan kepada pemakai cara memanfaatkan koleksi dan fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan.

 

Fasilitas

  1. AC                  
  2. Ruang Baca            
  3. Ruang Diskusi
  4. Katalog  
  5. Internet

 

Ruang Tari

     Ruang tari terletak di gedung R lantai dan disiapkan untuk memfasilitasi kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan seni tari.

 

 

Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas

     Fakultas juga memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti Mozai Arpa, kelompok paduan suara yang berada di bawah asuhan Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Psikolog., dan Astri Eka Wahyuni Hadi, M.Psi.

 

Mousai Arpa Choir

                Mousai Arpa Choir merupakan wadah yang disediakan oleh Fakultas Psikologi bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam seni tarik suara (paduan suara). Mousai Arpa Choir dibentuk pada bulan Maret 2012, beranggotakan 30 orang mahasiswa Fakultas Psikologi, berada di bawah asuhan Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Psikolog, dan Astri Eka Wahyuni Hadi, M.Si. Mousai Arpa memiliki jadwal latihan rutin, yaitu hari Kamis, pukul 17.00-19.00 WIB.